Wednesday 21 October 2015

My Favourite Things pt2

Raindrops on roses and whiskers on kittens
Bright copper kettles and warm woollen mittens
Brown paper packages tied up with strings
These are a few of my favorite things
Meneruskan posting kemarin tentang hal kesukaan saya, berikut daftar manga yang selanjut selanjutnya.

6. Kepala Seksi Otoboke  (Ueda Masashi)



Bukan karena kepalanya seksi. Tapi karena dia kepala divisi apa gitu di kantornya. Section Chief Bahasa Inggris nya. Kenapa diterjemahkan menjadi kepala seksi dan menciptakan pemaknaan yang ambigu jangan tanya saya. Tanyalah rumput yang bergoyang.

Ceritanya sederhana, tentang kehidupan sehari-hari Otoboke. Baik di kantor maupun di luar kantor. Udah gitu doang sih ceritanya. Dulu ga paham apa lucunya tapi setelah bekerja, ini menjadi bacaan favorit saya dan teman-teman sejawat. Sebagai sarana pelampiasan saat atasan mulai tidak mengenakkan. 



Yang menarik di sini adalah formatnya yang 4-koma. Alias 4 kolom. Bagi saya, Ueda Masashi sangat cerdas karena mampu menyampaikan humor dalam ruang yang hanya 4 kolom itu. Dan itu berhasil. Dan Itu keren, men...

Trivia tidak penting: (konon) Otoboke adalah kakeknya Kobo-chan.

5.  Yotsubato! (Kiyohiko Azuma)



Bercerita tentang Yotsuba, anak umur 5 tahun (yang setelah volume ke-sekian saya baru tahu kalau dia anak perempuan) dan hal-hal di sekitarnya.

Kalau ada komik yang mampu membuat saya rela ngubek gudang Togamas ya cuma ini. Ceritanya sangat sederhana. Tapi sungguh menyenangkan melihat tingkah Yotsuba, yang selalu terkesima dengan hal-hal baru di sekitarnya. Yotsuba menghadirkan kembali jiwa kanak-kanak yang ada dalam diri kita. Kita diajak menghargai momen momen kecil, yang brangkali terlupakan oleh kesibukan. Atau dianggap tidak berharga karena keseriusan orang dewasa. Ah apapun itu, komik ini adalah sarana pelepas penat yang sempurna.


 


Satu lagi, gambar Kiyohiko Azuma ini sangat apik. Ekpresi Yotsuba bisa tersampaikan dengan baik melalui gambarnya. Gambar mobilnya sangat bagus, seperti realita. Belum lagi dengan gambar pemandangan. Kiyohiko Azuma senang bermain-main dengan gambar. Tidak jarang satu halaman hanya dia isi dengan satu gambar. Hanya itu.




4. Kung Fu Boy (Maekawa Takeshi)



Tentang Chinmi, seorang anak yang cerdas dan berbakat, yang berpetualang untuk memperdalam ilmu Kung Fu nya.

Banyak falsalah hidup yang disampaikan di sini. Tapi alasan saya memasukkan komik ini ke daftar adalah karena Chinmi bisa Kung Fu Peremuk Tulang.


Dan itu keren, men...

Trivia tidak penting: Komik Break Shot apik juga.

(sampai jumpa di hari esok. Jika ada umur.)

Cemilan: botol Vit 600 ml


No comments:

Post a Comment